Tugas Anda

Diajukan

Untuk Memenuhi Salah Stu Tugas Mata Pelajaran Fisika

Guru Mata Pelajaran : Ust. Iwan Ridwansyah

Disusun oleh :

HANIFAH

XI E IPA 2

PESANTREN PERSATUAN ISLAM TAROGONG

Jln. Terusan Pembangunan no. 1 Tarogong Kidul – Garut

Telp/Fax (0262)234657

APLIKASI DAN PENERAPAN HUKUM PASCAL

tA. PENGERTIAN HUKUM PASCAL

Hukum pascal adalah hukum yang menerangkan tentang tekanan yang di alami oleh zat cair dalam ruang tertutup.

.

Dari hubungan tekanan, massa dan luas permukaan maka besar tekanan pada P1 dapat diketahui dengan rumusan:

P1=F1/A1

Sesuai dengan rumusan hukum pascal yang menyatakan bahwa tekanan yang dilami zat cair adalah sama disegala arah, maka dapat disimpulkan bahwa tekanan di P1 sama dengan tekanan yang ada di P2. Maka dapat disimpulkan :

P1         =  P2

F1 / A1 =  F2/A2

Dengan :

F : gaya yang bekerja

A : luas panampang.

  1. B. PENERAPAN HUKUM PASCAL DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
  2. Penerapan yang paling sederhana dari hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari misalanya saat memeras kantong plastic yang berisikan air, air dari kantong akan keluar dari kantong dengan sama kuat. Hal tersebut di tandai dengan pancaran air dari kantong yang sama jauhnya dan itu menandakan takanan pada setiap sisi kantong adalah sama besar.

 

 

 

 

  1. REM HIDROLIK

Komponen rem hidrolik pada mobil :

 

  1. Master silinder

Master silinder berfungsi meneruskan tekanan dari pedal menjadi tekanan hidrolik minyak rem untuk menggerakkan sepatu rem (pada model rem tromol) atau menekan pada rem (pada model rem piringan).

  1. Piston

Metupakan komponen pengerak dari system kerja rem hidrolik. Piston rem ada 2 jenis yatu piston pedal dan piston cakram. Piston pedal adalah piston yang terhubung dengan pedal penginjak rem, sedangkan piston cakram adalah piston yang terhubung dengan kanvas rem, dimana kanvas ini akan menghentikan perputaran roda dengan cara mencengkram cakram.

  1. Boster Rem

Boster rem termasuk alat tambahan pada sistem rem yang berfungsi melipatgandakan tenaga penekanan pedal. Rem yang dilengkapi dengan boster rem disebut rem servo (servo brake). Boster rem ada yang dipasang menjadi satu dengan master silinder, tetapi ada juga yang dipasang terpisah.

  1. Katup Pengimbang

Katup pengereman atau yang lebih dikenal dengan nama katup proporsional adalah  alat yang berfungsi sebagai pembagi tenaga pengereman. Komponen ini berfungsi misalnya saat mobil yang mengerem mendadak, yang mengakibatkan sebagian besar beban kendaraan tertumpu pada ban depan.

Alat ini bekerja secara otomatis menurunkan tekanan hidrolik pada silinder roda belakang, dengan demikian daya pengereman roda belakang lebih kecil daripada daya pengereman roda depan.

  1. Cakram

Adalah bagian yang ikut berputar bersama roda. Bagian inilah yang akan menjadi media untuk menghentikan perputaran roda.

  1. ALAT PENGEPRES HIDROLIK

Alat ini digunakan untuk pengepakan barang. Silinder kecil berfungsi untuk mengerahkan gaya, dan silinder besar adalah tempat bahan yang akan dipres. Pengepres hidrolik berfungsi sebagai penggali gaya. Faktor penggali gaya ini sama dengan rasio luas penampang kedua pison.

  1. MESIN PENGANGKAT MOBIL

Prinsip kerjanya sama dengan Pengepres Hidrolik. Fluida yang digunakan berupa minyak.

Misalnya : gaya sebesr 100 N diberikan pada piston kecil yang luas penmpangnya 0,001 m2. Gaya ini akan diteruskan ke piston besar yang memiliki luas penampang 0,1 m2. Sehingga menghasilkan gaya sebesar 10000 N yang bisa mengangkat mobil kurang lebih 1000 kg. Dengan demikian, faktor penggali gaya pada contoh ini adalah 100.

  1. DONGKRAK

Fungsinya untuk mengganti ban mobil. Biasanya ada di dalam mobil sehingga bentuknya cukup kecil dan sederhana penggunaannya.

APLIKASI DAN PENERAPAN HUKUM ARCHIMEDES

  1. 1. HIDROMETER

Hydrometer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur massa jenis suatu zat cair.

  1. 2. KAPAL SELAM

Bagian pemberat dalam kapal selam yang berupa tangki biasanya diisi air saat kapal akan menyelam. Sehingga gaya ke atas yang bekerja pada kapal lebih kecil dari pada berat kapal. Sehingga kapal tenggelam. Ketika ingin muncul kepermukaan, air dikeluarkan sehingga kapal muncul di permukaan.

  1. 3. GALANGAN KAPAL

Galangan kapal merupakan sebuah tempat untuk memperbaiki bagian bawah kapal.  Galangan yang berisi penuh dengan air menyebabkan kapal masuk kedalamnya. Lalu air dikeluarkan sehingga galangan terangkat naik dan bagian bawah kapal bisa di perbaiki.

  1. 4. JEMBATAN PONTO

Jembatan ponton adalah jembatan yang terbuat dari drum-drum kosong yang berisi udara yang harus dijaga kerapatannya. Agar tidak ada air yang masuk kedalam drum.

  1. 5. BALON UDARA

Udara di anggap zat cair dalam balon udara. Ketika balon udara diisi dengan zat yang massa jenisnya lebih kecil dari massa jenis udara, maka berat udara yang dipindahkan sama dengan gaya ke atas pada balon. Akibatnya, balon tertekan ke atas sehingga balon dapat mengapung di udara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s